Senin, 26 Desember 2011

keajaiban membaca

Sahabatku, Allah memberi kita nikmat dua bola mata untuk melihat, melihat ciptaan-Nya di ikuti mengucap syukur atas segala nikmat itu. Kita terkadang lalai dengan nikmat yang di anugerahkan Allah kepada kita. Jika ingin merasakan nikmat mata maka bertanyalah kepada orang yang buta. Atau cobalah menutup mata anda menggunakan penutup mata atau apapun yang bisa menutup mata, lakukan  sejak bangun pagi hingga sore hari. Rasakan kegelapan yang menyelimuti sekitar kita. Dalam kegelapan itu lakukan aktifitas sehari-hari seperti biasa! Mandi makan, bersih-bersih, kerja, pergi ke pasar, sekolah atau mungkin menonton TV.  Apa yang anda rasakan !, saya yakin jawabnya adalah tersiksa, gelap gulita, hitam pekat persis seperti ketika kita ada dalam kegelapan malam. Tidak mampu melihat apapun, dan siapaun.

Mata juga di anugerahkan Allah kepada kita agar kita membaca; membaca tanda kebesaran Allah di sekitar kita, membaca buku, membaca koran membaca perubahan jaman, membaca situasi dan kondisi. Bersyukur saya di beri anugerah mata, dengan mata ini saya bisa menikmati indahnya pemandangan panorama alam di pagi hari, indahnya matahari pagi, indahnya senyuman sahabat, indahnya kuntum mawar yang merekah. Dengan mata juga saya bisa menikmati sastra pujangga berabad-abad yang lalu, dengan membaca saya bisa merasakan patriotisme prajurit islam dalam perang badar. Membaca mampu membawa saya ke suatu  masa bagaimana imam Syafi'i hijrah dari kota ke kota lain untuk mendapatkan hadist sohih selama bertahun-tahun. Dengan membaca saya mampu menitikkan air mata merasakan bagaimana habiburrahman al syeirozy menggoreskan ayat-ayat cinta. Dengan membaca dada saya bergetar hebat merasakan Bagaimana bung Tomo memekikkan kalimat Allahu akbar dalam mengobarkan semangat arek-arek suroboyo.

Maka kedudukan membaca adalah sangat penting bagi manusia. Ingat! ayat yang pertama turun adalah perintah membaca! Iqro' .Jika kita sudah mampu membaca dengan baik, maka biasakan diri dengan menulis, mencatat segala sesuatu yang berkesan dalam hidup, karena hal itu  akan menjadi sejarah dalam hidupmu! Kita tidak akan mengetahui sejarah perjuangan para sahabat jika tidak ada tulisan, kisah perjuangan dan pengorbanan para pahlawan melawan penjajah akan hilang di telan masa jika tanpa tulisan. Maka catatlah, tuliskanlah dengan pena hal hal yang di  anggap penting dan bersejarah. Selamat mencatat dan membuat sejarah, karena tulisanmu akan di baca oleh orang lima puluh, seratus tahun,  hingga seribu tahun yang akan datang

Membaca berarti membuka mata dan hati
Melihat realitas di sekitar kita

Tidak ada komentar:

Posting Komentar